Formula Excel - Fungsi If Tunggal

Fungsi If termasuk salah satu fungsi logika. Kesuksesan menggunakan program aplikasi Microsoft Excel bisa dikatakan diawali dengan mengenal dan menggunakan fungsi logika secara benar. Penerapan fungsi logika memerlukan adanya pernyataan (syarat atau tes logika)

Secara harafiah if artinya adalah jika atau seandainya yang artinya sama dengan jika, oleh sebab itu fungsi if selalu diikuti oleh suatu syarat, itulah sebabnya kena Fungsi IF termasuk dalam fungsi logika.

Seringkali kita mendengar perbincangan yang diawali dengan kata jika. Misal, jika ulang tahun, jika tidak hujan, jika punya uang dan sebagainya. Pernyataan JIKA bisa diartikan sebuah syarat sehingga ada kelanjutannya. contohnya : jika ulang tahun, saya akan mentraktir makan teman, Jika ulang tahun berarti suatu ketika menunjukkan tanggal dan bulan yang sama dengan kelahiran, kelanjutannya adalah mentraktir teman. Pernyataan tersebut dapat dituliskan dalam sebuah penjelasan berikut ini:

JIKA YA TIDAK
Ulang Tahun Mentraktir Teman Tidak Mentraktir Teman

atau

JIKA TIDAK YA
Ulang Tahun Tidak Mentraktir Teman Mentraktir Teman

JIKA diikuti dengan pernyataan YA dan TIDAK. JIKA merupakan syarat, pernyataan YA akan dipilih atau dijalankan seadainya syarat terpenuhi. Pernyataan TIDAK akan dipilih atau dijalankan seadainya syarat tidak terpenuhi. Bentuk formal fungsi ini dapat sebagai berikut :

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)
atau
=IF(tes_logika;nilai_jika_benar;nilai_jika_salah)

Penjelasan argumen fungsi diatas adalah sebagai berikut : logical_test atau tes logika adalah merupakan syarat atau sesuatu yang menjadi syarat, value_if_true atau nilai jika benar adalah merupakan argumen atau tindakan yang akan dijalankan jika syarat tersebut terpenuhi, value_if_false atau nilai jika salah adalah merupakan argumen atau tindakan yang akan dijalankan jika syarat tersebut tidak terpenuhi.

Contoh Penggunaan Fungsi IF Tunggal

Syaratnya sebagai berikut : seorang murid bisa lulus jika nilainya lebih besar sama dengan 60, jika nilainya lebih kecil dari 60 maka dinyatakan tidak lulus.

SYARAT KETERANGAN (SYARAT)
JIKA TERPENUHI TIDAK TERPENUHI
Nilai >= 60 LULUS GAGAL

Data siswanya sebagai berikut :

A B C
1
2
3
4 Nilai Keterangan
5 85 1
6 70 2
7 65 3
8 59 4
9 80 5

Penyelesaiannya sebagai berikut : Pada cell keterangan 1 silakan di tulis formulanya sebagai berikut : =IF(B5>=60;"Lulus";"Gagal"). sehingga dapat ditulis sebagai berikut :

  1. cell keterangan 1 ditulis sebagai berikut =IF(B5>=60;"Lulus";"Gagal")
  2. cell keterangan 2 ditulis sebagai berikut =IF(B6>=60;"Lulus";"Gagal")
  3. cell keterangan 3 ditulis sebagai berikut =IF(B7>=60;"Lulus";"Gagal")
  4. cell keterangan 4 ditulis sebagai berikut =IF(B8>=60;"Lulus";"Gagal")
  5. cell keterangan 5 ditulis sebagai berikut =IF(B9>=60;"Lulus";"Gagal")

Hasil Data siswanya sebagai berikut :

A B C
1
2
3
4 Nilai Keterangan
5 85 Lulus
6 70 Lulus
7 65 Lulus
8 59 Gagal
9 80 Lulus
Daftar Link Artikel Terkait :
fungsiexcel