3 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop HP dan TouhPad Tidak Berfungsi

Tiga langkah memperbaiki keyboard disini akan dibahas tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dan TouchPad yang tidak berfungsi, tata cara memperbaiki disini ditujukan secara umum untuk laptop merek Compaq dan HP , khususnya pada HP 11-AB006TU-AB035TU-X360.

Spesifikasi Produk HP11-AB006TU :

Prosesor : Inter N3060
Ram : 4GB
HDD : 500GB
Optical Drive : Tidak Tersedia
Ukuran Layar LCD : 11,6 Inch
Jenis LCD : HD LED Touch Screen
Perangkat Onboard : Intel HD, Wifi, Camera
Support Win 10 : Ya

Permasalahan Keyboard dan TouhPad Tidak Berfungsi

Tiga langkah memperbaiki keyboard disini akan dibahas tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi dan TouchPad yang tidak berfungsi, tata cara memperbaiki disini ditujukan secara umum untuk laptop merek Compaq dan HP silakan diterapkan pada Compaq dan HP, khususnya pada HP 11-AB006TU-AB035TU-X360.

Gejala Kerusakan / Permasalahan : Keyboard, TouchPad, atau ClickPad di laptop tidak bekerja seperti yang diharapkan, ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Komputer berbunyi bip saat mengetik.
  2. Keyboard tidak bekerja atau lambat merespons.
  3. Tombol pada TouchPad tidak bekerja.

Langkah Penyelesaian:

  1. Lakukan hard reset (Notebook), untuk melakukan hard reset sudah saya bahas secara detail pada artikel Compaq Presario CQ40 Gagal Booting, dan disini saya akan bahas kembali tapi secara singkat saja. Hard reset yang dibahas di Digital Computer sebenarnya dapat diterapkan secara umum pada laptop, terutama pada laptop merek Compaq dan HP.
  2. Hard Reset dilakukan bertujuan untuk mengembalikan fungsi perangkat keras komputer dengan menghapus semua informasi di memori, selain itu untuk mengembalikan hubungan antara perangkat keras laptop dengan BIOS agar kembali bersinergi atau istilah kerennya kembali akur dan rukun sesama warga.

Langkah-langkah melakukan hard reset :

  1. Matikan komputer.
  2. Lepaskan komputer dari port replicator atau docking station.
  3. Lepaskan semua perangkat periferal eksternal seperti perangkat penyimpanan USB, display eksternal, dan printer.
  4. Lepaskan adaptor AC dari komputer.
  5. Lepaskan baterai laptop :
    1. jika baterai laptop dapat dilepas, Lepaskan baterai, tekan dan tahan tombol daya selama 15 detik, pasang kembali baterai laptop Anda ke tempatnya lalu lakukan langkah ke 6.
    2. jika jenis laptop Anda merupakan laptop yang baterainya tidak dapat dilepas, maka yang harus Anda lakukan adalah tekan dan tahan tombol daya selama 15 detik untuk melakukan pengaturan ulang, kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya. Untuk model berikut ini berbeda dalam penekan tombolnya, model itu antara lain :
      • Seri HP Envy 17 (2D dam 3D) dam ENVY 15-3000 : Tekan dan tahan tombol Daya dan beats selama 8 sampai 10 Detik
      • HP Folio : tekan dan tahan tombol daya selama 8 sampai 10 detik.
      • HP Envy 14 Specter : tekan dan tahan tombol daya dan mute selama 8 sampai 10 detik.
      • HP EliteBook Folio 1040G1 : tekan dan tahan tombol daya dan mute pada waktu bersamaan selama 15 detik atau sampai komputer dinyalakan kembali
      • HP EliteBook Folio 1040G2 : Tekan dan tahan tombol daya dan mute pada waktu bersamaan selama
      • 15 detik.
  6. Setelah baterai laptop di pasang kembali (lihat langkah nomor 5), langkah selanjutnya adalah pasang Adaptor laptop dan tekan power laptop untuk menyalakan laptop.
  7. Pada saat dinyalakan, jika menu pembuka tampil, gunakan tombol panah untuk memilih start Windows Normally, kemudian tekan enter
  8. setelah menghubungkan kembali perangkat laptop Anda, jalankan pembaruan windows dan asisten dukungan HP untuk memperbarui semua driver perangkat.

Oke yah, sampai sini apakah sudah selesai permasalahannya? Belum Bos!
Kalau sudah selesai berarti laptopnya sudah bisa digunakan, jika belum kita lanjut cari solusi lain.

Kalau begitu solusi lainnya yaitu Kita akan melakukan uji kerusakan laptop. perlu diingat kerusakannya tadi apa? yaitu (salah satunya yang terjadi seperti ini):

  1. Komputer berbunyi BIP saat mengetik, atau ketika keyboard ditekan keluar suara Bip.
  2. Keyboard tidak bekerja atau lambat merespons, atau seperti "hang" tapi tidak "hang"
  3. Tombol pada TouchPad tidak bekerja

Uji kerusakan laptop saya fokuskan dulu untuk membahas masalah jika keyboard laptop tidak berfungsi.

Baiklah kita lanjut pada Uji kerusakan laptop,salah satunya yaitu lakukan langkah uji keyboard laptop pada mode tampilan BIOS, kembali ke langkah melakukan hard reset diatas pada point nomor 8, sampai pada point tersebut, langkah selanjutnya yaitu (jika keyboard laptop tidak berfungsi) :

Uji kerusakan keyboard pada laptop :

  1. Matikan laptop dan restart
  2. Tekan tombol ECS berulang kali, penekan tombol ECS ini mulai dilakukan ketika laptop dalam posisi restart, lihat apakah menu tampilan awal bios terbuka? Biasanya 3 kondisi ini akan terjadi (biasanya yah) :
    1. Jika menu setup tidak terbuka, atau tampilan awal bios tidak terbuka, atau istilah lainnya itu apa yah? Pokoknya seperti itu, lalu perangkat keras seperti keyboard laptop tidak berfungsi, berarti Keyboard rusak total Bos dan harus diganti, untuk sementara jika ada keyboard wifi bisa dipakai dulu untuk mengantikan keyboard laptop yang rusak.
    2. Jika menu setup tidak terbuka, atau tampilan awal bios tidak terbuka, gunakan tombol panah untuk memilih menu yang tampil. pilih menu startup windows, jika pilihan menu tersebut bekerja tapi kemudian gagal saat Windows baru mulai, masalahnya mungkin terjadi di Windows (ini mungkin yah dan kebanyakan kasus seperti itu, apa itu? yah kerusakan terjadi pada didalam mode Windows).
    3. Jadi kesimpulannya : jika Anda dapat membuka menu startup dan menggunakan tombol panah untuk memilih menu yang tampil. Berarti keyboard tidak bermasalah, namun kemungkinan besar adalah masalah pada Windows. Jika laptop Anda tidak dapat membuka menu startup. ini berarti hardware keyboard sudah tidak bekerja, keyboard mungkin perlu diservis atau diganti. Untuk sementara keyboard laptop bisa diganti dengan keyboard external (untuk sementara)
  3. Jika yang terjadi diluar dari kebiasaan (maksudnya 3 hal yang terjadi diatas tidak terjadi)? bagaimana bro? waduh itu saya kurang tahu juga bagaiman mengatasinya.
  4. Pada point 2.C, jika keyboard bermasalah, saya sarankan sebaiknya keyboardnya diganti saja, jangan diservis karena hanya dapat bertahan dalam beberapa bulan saja, selebihnya kambuh lagi, jadi sebaiknya di ganti dengan yang baru saja (ini hanya saran saja).
  5. Pada point 2.b, jika itu yang terjadi maka bagaimana mengatasinya? (kita sambung kelangkah selanjutnya)

Mengatasi permasalahan pada point 2.b pada Langkah Uji Kerusakan Keyboard pada laptop:

  1. Pada penyelesaian masalah kali ini akan saya bahas dengan menggunakan windows 7.
  2. Kita langsung saja langkah sebagai berikut :
    1. Lakukan langkah pada point 2 pada langkah uji kerusakan keyboard. Jika sudah masuk ke Windows 7 silakan lanjutnya ke tahap selanjutnya
    2. Setelah itu ke Control panel lalu pilih Device Manager, setelah itu akan tampil jendela dialog device manager.
    3. Pada jendela dialog device manager pada menu bar terdapat File, Action, View, dah Help. Pada tampilan device manager sendiri terdapat Nama Administrator Komputer, Komputer, Disk Drives, Display Adapters, DVD/CD Rom Drives, Human Interface Divices, IDE ATA/ATAPI Controllers, Keyboards, dll.
    4. Masih di tampilan device manager, pilih View yang terdapat pada menu bar lalu pilih Show Hidden Devices, setelah itu pilih Keyboards Pada tampilan jendela dialog device manager.
    5. Disebelah kiri Keyboards ada icon panah kecil silakan di klik maka akan tampil Standard PS/2 Keyboard, silakan di klik kanan pada Standard PS/2 Keyboard, lalu pilih Uninstall.
    6. Setelah itu restart laptopnya, maka tunggu sampai kembali ke Windows.
  3. Sampai disini kira-kira bagaimana?
  4. Belum kelar juga Bos masalahnya? Waduh....!!! pusing juga kalau belum kelar, ntar lagi dah di lanjutin, udah kepanjangan!!!

Kesimpulannya :

Penyelesaian masalah diatas dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah laptop dengan indikasi utama keyboard tidak berfungsi, selain itu cara penyelesaian diatas dapat juga digunakan untuk menyelesaikan masalah sebagai berikut :

  1. Komputer berbunyi BIP saat mengetik, atau ketika keyboard ditekan keluar suara Bip.
  2. Keyboard tidak bekerja atau lambat merespons, atau seperti "hang" tapi tidak "hang"
  3. Tombol pada TouchPad tidak bekerja
Daftar Link Artikel Terkait :
masalahlaptop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar