• Bayar Tunai

    Bayar Secara Tunai

  • Transfer Bank

    Bayar Transfer Bank

  • Paypal

    Bayar Melalui PayPal

  • OVO

    Bayar Menggunakan OVO

  • Logo GoPay

    Bayar Menggunakan GoPay

  • Dana

    Bayar Menggunakan Dana

Metode Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Pendekatan kualitatif diharapkan mampu menghasilkan uraian yang mendalam tentang ucapan, tulisan, dan atau perilaku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat, atau organisasi tertentu serta dikaji dari sudut pandang yang utuh, komprehensif, dan holistik.

Beberapa ciri penelitian kualitatif

  1. Menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data.
    Penelitian dilakukan pada waktu interaksi berlangsung di tempat kejadian. Peneliti mengamati, mencatat, bertanya, menggali sumber yang erat hubungannya dengan peristiwa yang terjadi saat itu. Hasil-hasil yang diperoleh pada saat itu segera disusun saat itu pula. Apa yang diamati pada dasarnya tidak lepas dari konteks lingkungan di mana tingkah laku berlangsung.
  2. Memiliki sifat deskriptif analitik.
    Data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Peneliti melakukan analisis data dengan memperkaya informasi, mencari hubungan, membandingkan, menemukan pola atas hubungan, membandingkan, menemukan pola atas dasar data aslinya dan tidak ditransformasikan ke dalam bentuk angka. Hasil analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk uraian naratif.
  3. Tekanan pada proses bukan hasil.
    Tekanan penelitian kualitatif ada pada proses bukan pada hasil. Data dan informasi yang diperlukan berkenaan dengan pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana dengan pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana untuk mengungkap proses bukan hasil suatu kegiatan.
  4. Bersifat Induktif.
    Penelitian kualitatif sifatnya induktif. Penelitian kualitatif tidak dimulai dari dedukasi teori, tetapi dimulai dari lapangan yakni fakto empiris. Peneliti terjun ke lapangan, mempelajari suatu proses atau penemuan yang terjadi secara alamai, mencatat, menganalisis, menafsirkan dan melaporkan serta menarik kesimpulan-kesimpulan dari proses tersebut.
  5. Mengutamakan Makna
    Penelitian kualitatif mengutamakan makna, Makna yang diungkap berkisar pada persepsi orang mengenai suatu peristiwa.

Beberapa Jenis Penelitian Kualitatif

  1. Metode Etnografi
    Metode penelitian yang berguna untuk menemukan pengetahuan yang terdapat atau terkandung dalam suatu budaya atau komunitas tertentu
  2. Metode Fenomenologi
    Metode fenomenologi merupakan hasil penjelasan tentang realitas yang tampak.
  3. Metode Studi Kasus
    Metode pendekatan studi kasus sebagai suatu pendekatan dengan memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci
  4. Metode Teori Dasar
    Menyatakan bahwa penelitian dasar atau murni adalah penelitian yang bertujuan menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya belum pernah diketahui.
  5. Metode Studi Kritis
    Metode studi kritis adalah metode yang digunakan dalam penelitian yang berkembang dari teori kritis, feminis, ras dan pascamodern yang bertolak dari asumsi bahwa pengetahuan bersifat subjektif.
  6. Metode Analisis Konsep
    Metode analisis konsep adalah penelitian yang memfokuskan kepada suatu konsep yang telah ada sebelumnya kepada suatu konsep yang telah ada sebelumnya.
  7. Metode Analisis Sejarah
    Penelitian ini mencoba merekonstruksi apa yang terjadi pada masa yang lalu selengkap dan seakurat mungkin, dan biasanya menjelaskan mengapa hal ini terjadi.
Artikel Terkait :
bagikan olah data